Bisnis Rumahan

5 Alasan Mengapa Bisnis Rumahan Sangat Disukai Masyarakat

Bisnis rumahan masih hangat diperbincangkan oleh sebagian besar orang yang ingin sukses dengan cara menjadi pioneer alias pembuka jalan bagi calon pekerja lain. Tingginya angka pengangguran dan terbatasnya lapangan pekerjaan membuat mereka, bahkan kita harus memutar otak agar tetap bisa bertahan hidup di tengah-tengah gempuran ekonomi global ini.

Sekarang, bisnis rumahan juga menjadi sumber pendapatan utama dari mereka yang selama ini merasa tidak bisa bekerja di tempat yang layak. Terpenting harus percaya diri, yakin, tekad, niat, dan doa. Tak lupa pula sedikit uang hasil menabung atau berhutang teman dijadikan sebagai modal awal membuka usaha.

Dibalik kesuksesan bisnis fisik atau online, pernahkah Anda berpikir mengapa keduanya begitu disukai di kehidupan masa mendatang? Atau mengapa usaha rumahan mampu menjadi ladang usaha sekaligus membuka lapangan pekerjaan? Rupanya hal itu tidak terlepas dari lima hal di bawah ini.

Berikut 5 alasan bisnis rumahan sangat disukai oleh masyarakat :

1. Bisa diatur sendiri
Pola dari bisnis rumahan terlihat begitu sederhana, yakni diatur sesuai keinginan si pendirinya. Akan tetapi, dibalik kesederhanaan konsep yang tampak, sebenarnya di belakang mereka sedang berusaha keras mencari cara bagaimana usaha yang telah dibangun bisa berkembang dan maju pesat.

Bisa diatur sendiri juga berarti bahwa si pendiri bebas berekspresi, bereksperimen, dan berkarya menggunakan produk atau jasa yang ia jual. Hal itu termasuk meliputi durasi waktu penjualan, pelayanan terhadap konsumen, serta cara pengembangan brand.

2. Modal lebih kecil
Salah satu alasan mengapa bisnis rumahan juga disukai adalah penggunaan modal yang terbilang kecil. Sebaliknya, bisnis ini tergolong mengandalkan keuletan dan kecerdikan dalam mengelola produk atau jasa. Hal ini dikarenakan, bisnis rumahan mampu memangkas biaya sewa, pajak listrik, serta lain-lain dan bisa dialihkan untuk kebutuhan yang sifatnya lebih urgent.

Misalnya saja seseorang membuka usaha cafe di rumahnya.. Otomatis, karena ia tidak menyewa ruko, maka modal yang dikeluarkan hanya untuk membeli bahan makanan, perabotan, serta dekorasi cafe. Siapa sih yang tidak mau berbisnis rumahan?

3. Multitasking
Alasan menarik tapi klasik ketika membuka bisnis rumahan adalah bisa multitasking. Artinya, selagi membuka usaha atau bisnis, si pemilik tetap bisa produktif mengurus pekerjaan mereka yang lain di rumah.

Multitasking di sini memiliki maksud bahwa segala pekerjaan dapat diselesaikan dalam satu waktu. Misalnya, seorang ibu rumah tangga membuat kue karena ia mendapat pesanan dari pelanggan. Sembari menunggu kue matang, ia bisa bersih-bersih rumah atau menemani anak bermain. Nah, kira-kira seperti itulah potret kelebihan bisnis rumahan bagi ibu rumah tangga yang ingin menyalurkan hobi memasaknya.

4. Menggerakkan perekonomian di sekitarnya
Percaya atau tidak, bisnis rumahan mampu menaikkan kehidupan ekonomi orang-orang di sekitarnya. Sebab, ketika sudah masuk perkembangan yang lebih besar maka pasti memerlukan beberapa karyawan atau pekerja tambahan. Paling mudahnya adalah memanfaatkan jasa tetangga atau orang di sekitar yang memang butuh pekerjaan.

Contoh nyata adalah pebisnis rumahan yang bergerak di bidang fashion. Mereka butuh orang untuk menyortir kain, melakukan packaging, mengantar barang, atau berbelanja kain.

5. Kesempatan untuk berlibur bersama keluarga terbuka lebar
Alasan paling masuk akal yang disukai oleh para pelaku bisnis ketika membuka bisnis rumahan adalah tersedianya waktu lebih banyak untuk berlibur bersama keluarga. Apalagi kalau bisnis tersebut sudah berkembang pesat, maka si pemilik hanya perlu melakukan kontrol secara berkala, sementara sisanya diserahkan pada anak buah atau karyawannya. Jadilah mereka bisa menikmati quality time bersama sanak saudara, teman, atau keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *