Cara Mencegah Penyakit Ginjal

Cara Mencegah Penyakit Ginjal

Cara Mencegah Penyakit Ginjal

Penyakit Ginjal adalah kondisi dimana organ ginjal Anda mengalami penurunan fungsi hingga pada akhirnya ginjal berhenti berfungsi sama sekali sehingga tubuh tidak bisa mencerna nutrisi yang masuk lewat makanan, menjaga keseimbangan cairan dan zat kimia dalam darah.

Penyakit ginjal dapat disebabkan oleh komplikasi penyakit berat lainnya yang berdampak langsung pada ginjal itu sendiri dan pola hidup yang tidak sehat, penyakit dapat menyerang tidak memandang usia, mengutip detikhealth, dilaporan penyakit ginjal menyerang mereka yang berusia 25 tahun.

Seperti yang dikatakan diatas, penyakit ginjal umumnya disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat, terutama seringnya mengonsumsi makanan tidak sehat yang sulit untuk dicerna oleh ginjal dan berdampak negatif pada organ pencernaan itu, berikut ini kami kumpulkan Cara Mencegah Penyakit Ginjal Secara Alami.

1. Pola Hidup Sehat

Menjaga pola hidup sehat merupakan satu keharus bagi setiap orang. Pola hidup sehat yang dimaksud adalah dengan rutin melakukan olahraga, cukup mengonsumsi air putih, mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang dan menimalisir stress. Jika pola hidup sehat Anda terapkan dalam kehidupa sehari-hari maka akan menurunkan risiko penyakit ginjal.

2. Hindari Makanan Pantangan Penyakit Ginjal

Terdapat beberapa makanan pantangan bagi penyakit ginjal yang dapat memperburuk kondisi ginjal. Anda harus menghindari makanan dengan kandungan asam oksalat tinggi yang mengikat kalsium dan sulit dicerna oleh ginjal.

Asam oksalat yang tidak dapat dicerna akan menumpuk pada ginjal dan akan membentuk kristal yang menurunkan fungsi ginjal serta berisiko menyebabkan batu ginjal dan gagal ginjal.

Mengutip https://makananpantangan.com sebaiknya hindari makanan-makanan seperti :

  • Kacang-kacangan
  • Ikan Sarden
  • Tomat
  • Sayur Bayam
  • Teh Hitam
  • Coklat
  • kopi sachet
  • selai kacang
  • biji wijen
  • buah strawberry
  • bayam
  • Makanan Asin
  • Daging Merah
  • Makanan Laut

3. Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

80 Persen tubuh manusia adalah cairan, oleh karena itu tubuh membutuhkan minimal delapan gelas air putih setiap hari untuk menghindari tubuh dari dehidrasi. Memenuhi kebutuhan cairan dapat membantu kinerja ginjal dalam membuang racun dalam tubuh Anda.

Konsumsi delapan gelas air putih juga membantu men-stabilkankonsentrasi darah dalam tubuh Anda dan menjaga suhu tubuh Anda tetap dalam batas normal.

4. Jangan Menunda Buang Air Kecil

Sering menahan buang air kecil akan berdampak negatif bagi fungsi ginjal. Jika Anda melakukan hal tersebut maka akan menghambat proses filterisasi darah oleh ginjal.

Dalam prosesnya, saat melakukan filterisasi maka kandung kemih akan segera penuh dan harus segera dikosongkan. Sering menahan buang air kecil juga akan merenggangkan kandung kemih yang dapat menyebabkan air seni keluar dengan sendirinya.

5. Konsumsi Makanan Sehat

Penyakit ginjal erat kaitannya dengan gaya hidup tidak sehat. Oleh karena itu, mulai saat ini baiknya Anda memperhatikan pola makan sehat dengan memperhatikan asupan nutrisi yang seimbang dan baik bagi ginjal.

Pilihlah makanan yang bergizi seimbang dan baik bagi ginjal seperti: Ikan, Buah Jeruk, Sereal Gandum, Beras Merah, dan Peterseli.

6. Menjaga Tekanan Darah

Tekanan darah yang dalam batas normal akan berdampak positif pada kerja ginjal saat filterisasi darah. Sebaliknya, tekanan darah tinggi yang mengganggu kerja ginjal dan dapat menyebabkan gagal ginjal.

7. Hentikan Kebiasaan Merokok

Kandungan nikotin dalam rokok akan merusak organ tubuh jika terpapar dalam jangka panjang. Meski kebiasaan merokok tidak berdampak langsung pada organ ginjal, racun dalam rokok dapat memicu penyakit jantung yang dalam jangka panjang dapat menyebabkan komplikasi pada ginjal.