Anak Susah Tidur

Penyebab Anak Susah Tidur di Malam Hari

Tidur merupakan salah satu kebutuhan dasar anak, jika waktu tidur anak kurang maka hal itu tidak baik untuk kesehatan anak tersebut. Saat sedang tidur energi anak akan diisi kembali, bahkan pertumbuhan anak dapat terjadi saat anak sedang tidur. Dengan sering memberinya dongeng di malam hari sebelum tidur akan menjadi stimulasi yang baik baginya agar ia tidur nyenyak.

Anak Susah Tidur
Anak Susah Tidur

Penyebab Anak Susah Tidur Di Malam Hari

1. Anak takut berpisah dengan orang tuanya

Sering kali anak merasa takut berpisah dengan orang tuanya, sehingga waktu tidur di malam hari menjadi hal yang ia takutkan. Anak kecil juga biasanya takut akan gelap dan sendirian di malam hari sehingga ia tidak mau tidur. Jika anak tidur terpisah dengan anda sebaiknya temani ia tidur terlebih dahulu sampai ia tertidur. Seiring dengan bertambahnya usia anak, maka ketakutan akan tidur sendiri pun akan segera berkurang.

2. Waktu tidur yang salah

Kebanyakan orang tua akan menyuruh anak-anak tidur terlalu cepat, sebelum tubuh mereka siap untuk tidur. Saat itu tubuh anak belum memproduksi hormon melatonin yang cukup untuk membuatnya tertidur. Anak-anak yang dipaksa tidur cepat, akan merasa lebih cepat bosan saat ia sudah naik ke atas kasur dan cenderung memikirkan hal-hal yang menakutkan.

3. Masalah pada ritme tidur sirkadian

Setiap orang memiliki ritme tidur sirkadian, di mana ritme ini dapat mengatur kapan seseorang harus tidur dan kapan harus bangun. Jika anak anda mengalami sulit tidur di malam hari mungkin anak anda mengalami gangguan pada ritme tidur sirkadiannya. Untuk mengatasinya, mungkin anda perlu mengajaknya bermain dan terkena sinar matahari di siang hari lalu mematikan lampu kamar saat tidur di malam hari.

4. Televisi dan alat elektronik lain yang mengganggu

Penelitian menunjukkan bahwa menonton televisi di siang hari atau malam hari akan berakibat pada waktu tidur, hal ini juga bisa menjadi salah satu penyebab anak sulit tidur. Bukan hanya televisi, gadget, video game, komputer dan alat elektronik lainnya bisa menjadi penyebab anak sulit tidur di malam hari.

5. Stress dan cemas

Stress dan merasa cemas di siang hari bisa menjadi penyebab anak tidak mau tidur di malam hari, sebelum tidur sebaiknya ajak anak ngobrol atau diskusi apa saja yang terjadi di siang hari misalnya selama di sekolah. Bantu anak meringankan stress dan rasa cemasnya sehingga kecemasannya tidak akan terbawa saat ia tidur.

6. Mimpi buruk

Bukan hanya orang dewasa yang mengalami mimpi buruk, tetapi anak kecil juga mungkin mengalami mimpi buruk yang membuatnya ketakutan. Untuk menghindari terjadinya mimpi buruk, maka cobalah untuk memberinya cerita anak, dongeng, atau merekomendasikan buku cerita yang ringan untuk anak sebelum ia tidur.